Terapkan Core Value AKHLAK pada Perusahaan, KAI Group Raih 8 Penghargaan dari Menteri BUMN
Posted: 17.07.2021 Categories: Siaran Pers

PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan Anak Perusahaannya yang tergabung dalam KAI Group berhasil mendapatkan 8 penghargaan di ajang AKHLAK Award 2021. Penghargaan yang diberikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir ini diselenggarakan secara virtual Kamis (15/7) dalam rangka 1 tahun penerapan AKHLAK di BUMN.

Adapun tujuan penyelenggaraan penghargaan tersebut yaitu untuk memberikan apresiasi bagi BUMN-BUMN yang telah mengimplementasikan AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) sebagai budaya organisasi.
 
Ke-8 penghargaan yang diperoleh KAI Group yaitu:

1. KAI sebagai Runner Up 1 dalam Kategori BUMN untuk Indeks Implementasi Adaptif Terbaik
2. KAI sebagai Runner Up 2 dalam Kategori BUMN untuk Indeks Implementasi Loyal Terbaik
3. KAI Logistik sebagai Juara 1 dalam Kategori Anak Perusahaan BUMN untuk Indeks Implementasi Amanah Terbaik
4. KAI Bandara sebagai Juara 1 dalam Kategori Anak Perusahaan BUMN untuk Indeks Implementasi Harmonis Terbaik
5. KAI Services sebagai Runner Up 1 dalam Kategori Anak Perusahaan BUMN untuk Indeks Implementasi Amanah Terbaik.
6. KAI Wisata sebagai Runner Up 1 dalam Kategori Anak Perusahaan BUMN untuk Indeks Implementasi Harmonis Terbaik
7. KAI Logistik sebagai Runner Up 2 dalam Kategori Anak Perusahaan BUMN untuk Indeks Implementasi Adaptif Terbaik
8. KAI Properti sebagai Runner Up 2 dalam Kategori Anak Perusahaan BUMN untuk Indeks Implementasi Amanah Terbaik.
 
“Terima kasih kami ucapkan kepada Menteri BUMN Erick Thohir atas penghargaan yang diberikan kepada KAI Group dalam ajang AKHLAK Award 2021 ini. Penghargaan ini tentunya akan semakin memacu seluruh SDM KAI Group untuk terus mengamalkan AKHLAK sebagai pedoman perilaku sehari-hari,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.
 
Didiek mengatakan, pencapaian ini tak lepas dari sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai AKHLAK yang gencar dilakukan kepada seluruh pekerja KAI Group. Sosialisasi dan internalisasi tersebut menggunakan 10 tahapan yang disebut 10 Step of Culture Transformation.
 
“Tahapan tersebut dimulai dari Find The Big Why atau menumbuhkan sense of urgency kepada para Top Leaders KAI Group mengenai pentingnya budaya organisasi dengan menunjukkan dampak budaya kerja terhadap kinerja organisasi,” kata Didiek.

Adapun juri pada ajang AKHLAK Award 2021 terdiri dari tim ACT Consulting selaku Konsultan Budaya Perusahaan dan lembaga independen. Proses penjuriannya berdasarkan hasil dari survei AKHLAK Culture Health Index (ACHI) yang dilakukan di lebih dari 68 BUMN dan Anak Perusahaan pada periode 1 Juli 2020 hingga 1 Juli 2021 dan dipilih nilai tertinggi dari masing masing kategori yang melakukan pengukuran ACHI di 68 BUMN dan Anak Perusahaan.
 
Pelaksanaan ACHI KAI Group 2021 diikuti oleh 27.483 responden KAI Grup. Hal ini menunjukan antusias yang tinggi insan KAI grup dalam melaksakan program2 internalisasi budaya organisasi.
 
Sejak adanya arahan dari Kementerian BUMN untuk menyesuaikan nilai-nilai utama perusahaan BUMN pada pertengahan bulan Juli 2020 lalu, KAI langsung mengambil langkah untuk mengimplementasikan Core Value AKHLAK mepada seluruh jajaran KAI grup. Pada 14 Agustus 2020, jajaran Direksi dan Komisaris KAI melakukan launching New Core Value menjadi AKHLAK menyesuaikan dengan surat edaran Menteri BUMN No. SE-7/MBU/07/2020. Sejak saat itu, KAI Group secara intens melakukan sosialisasi internalisasi AKHLAK baik melalui pembuatan konten maupun webinar.
 
“KAI juga melakukan berbagai kegiatan pengembangan dan penerapan budaya perusahaan seperti Kick Off program budaya perusahaan serta beragam kegiatan terkait pendidikan dan pelatihan seputar budaya perusahaan seperti Pelatihan Change Leaders, Change Champion, Change Agent dan Culture Booster,” kata Didiek.
 
Adapun rencana dalam waktu dekat penerapan AKHLAK di KAI Group yaitu akan mengeluarkan Culture Action Plan 2021-2024 yang berisi tema besar budaya dan inisiatif strategi budaya untuk periode 2021 s.d 2024 dimana disesuaikan dengan tema bisnis Rencana Jangka Panjang Perusahaan KAI 2020-2024.
 
“Kami akan terus meningkatkan indeks implementasi AKHLAK serta kualitas SDM di seluruh KAI Group. Sehingga kinerja perusahaan terus meningkat dan layanan kepada masyarakat khususnya pelanggan Kereta Api juga akan semakin lebih baik lagi,” tutup Didiek.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, bahwa setiap BUMN perlu untuk melakukan transformasi secara menyeluruh. Tidak hanya model bisnis dan operasionalnya tetapi yang terpenting juga transformasi human capitalnya.

“Satu tahun sudah keluarga BUMN disatukan oleh misi yang sama, BUMN untuk Indonesia, dengan nilai-nilai yang sama yaitu sebagai core value AKHLAK, Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Misi dan nilai-nilai tersebut adalah bagian dari upaya transformasi menyeluruh di BUMN yang juga menjadi arah dan pijakan tiap langkah kita untuk naik kelas, untuk berkompetisi, dan tentunya kita harus kompetisi secara global,” kata Erick Thohir. (Public Relations KAI)


.


.


.


.


.


.


.

 

 

Booking Button