Konsisten Terapkan AKHLAK, KAI Group Raih Penghargaan dalam Ajang AKHLAK Awards 2021
Posted: 16.07.2021 Categories: Berita

KAI Group berhasil meraih beberapa penghargaan di ajang AKHLAK Award 2021 pada Kamis (15/07). Acara yang diselenggarakan secara Virtual oleh ACT Consulting ini, menghadirkan Menteri BUMN yakni Erick Thohir, dan mantan Menteri BUMN diantaranya Menteri BUMN periode 1998-1999 Tanri Abeng, Menteri BUMN periode 2009-2011 Mustafa Abubakar, dan Mantan Menteri BUMN periode 2011-2014 Dahlan Iskan.


Penghargaan yang diraih KAI dalam ajang AKHLAK Awards 2021

Selain itu, hadir pula Ary Ginanjar Agustian sebagai Founder ACT Consulting. Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (persero) Didiek Hartantyo beserta jajaran direksi KAI pun turut hadir pada ajang bergengsi ini.
 
Diselenggarakannya acara ini merupakan momentum untuk dilakukannya evaluasi keberhasilan implementasi Core Values AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) setelah digaungkan sejak 1 Juli 2020 di seluruh BUMN bersama Anak Perusahaannya.

Pemberian award ini didasarkan pada hasil riset pengukuran indeks kesehatan budaya kerja AKHLAK yang telah dilakukan selama periode September 2020 hingga Juli 2021 terhadap 62 BUMN dan Anak Perusahaanya. Terkait penilaian, metode pemetaan dan pengukuran AKHLAK menggunakan Akhlak Culture Health Index, yang dilakukan oleh ACT Consulting secara daring dengan melakukan survei langsung kepada karyawan di BUMN dan Anak Perusahaan yang menjadi nominasi.

Menteri BUMN Erick Tohir dalam sambutannya mengatakan, bahwa BUMN disatukan oleh misi BUMN untuk Indonesia dengan nilai-nilai yang sama yaitu sebagai core value AKHLAK. Misi dan nilai-nilai tersebut adalah bagian dari upaya tranformasi menyeluruh di BUMN, yang juga menjadi arah dan pijakan untuk naik kelas dan untuk berkompetisi.

"Saya senang sekali penilaian ini disampaikan secara transparan, karena kita tahu masukan-masukan ini adalah hal yang sangat baik, karena kita perlu tranformasi menyeluruh. Tidak hanya modal bisnis dan operasionalnya tapi yang terpenting juga tranformasi human capitalnya. Satu tahun sudah keluarga besar BUMN, baik yang ada di kementerian, induk BUMN, maupun anggota grup BUMN," ujar Erick.

Dalam kategori BUMN, PT KAI berhasil meraih 2 (dua) penghargaan sebagai Runner Up dalam Kategori BUMN Indeks Implementasi Loyal Terbaik dan Kategori BUMN Indeks Implementasi Adaptif Terbaik.

Anak perusahaan KAI pun turut menorehkan prestasi dengan berhasil memperoleh 5 (lima) penghargaan dalam ajang ini. Berikut rincian penghargaan yang diperoleh:
1.    KAI Logistik meraih penghargaan sebagai Juara dalam Kategori Anak Perusahaan BUMN Indeks Implementasi Amanah Terbaik.
2.    KAI Bandara meraih penghargaan sebagai Juara dalam Kategori Anak Perusahaan BUMN Indeks Implementasi Harmonis Terbaik.
3.    KAI Properti dan KAI Services meraih penghargaan Runner Up dalam Kategori Anak Perusahaan BUMN Indeks Implementasi Amanah Terbaik.
4.    KAI Wisata meraih penghargaan sebagai Runner Up dalam Kategori Anak Perusahaan BUMN Indeks Implementasi Harmonis Terbaik.
5.    KAI Logistik meraih penghargaan sebagai Runner Up dalam Kategori Anak Perusahaan BUMN Indeks Implementasi Adaptif Terbaik.

Melalui penghargaan ini, semoga dapat terus menjadi motivasi bagi seluruh pegawai PT KAI maupun anak perusahaannya untuk terus meningkatkan kinerjanya dan selalu memberikan yang terbaik untuk perusahaan serta selalu mengimplementasikan Core Values AKHLAK di dalam kehidupan sehari-hari. (Public Relations KAI)

 

Booking Button