KAI Kenalkan Program Loyalty Railpoint dan Fitur Baru Layanan Digital Payment dengan Bank Mandiri
Posted: 25.09.2020 Categories: Siaran Pers

Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan mengenalkan program Loyalitas Railpoint serta Integrasi Sistem Pembayaran dan Layanan Digital dengan Bank Mandiri.

Pengenalan program Loyalitas Railpoint dan kolaborasi layanan digital dengan Bank Mandiri tersebut dilakukan di Stasiun Gambir, Jumat (25/9) sekaligus sebagai rangkaian HUT ke-75 KAI pada 28 September 2020.

“Program Loyalitas Railpoint kami perkenalkan kepada masyarakat dalam rangka peningkatan pelayanan kepada pelanggan dengan memberikan berbagai benefit yang ada. Program ini bertujuan untuk membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan antara KAI dan pelanggan,” ujar Direktur Niaga KAI Maqin U. Norhadi.

Melalui Program Loyalitas Railpoint, setiap transaksi pembelian tiket KA Jarak Jauh Komersial, pelanggan berkesempatan untuk mendapatkan Railpoint. Setiap pembelian tiket senilai minimal Rp50.000 akan mendapatkan poin sebesar 10 poin dan berlaku kelipatannya dengan pembulatan ke bawah.  

Untuk mendapatkan poin, pelanggan diharuskan melakukan update aplikasi KAI Access ke versi 4.3.8 dan terlebih dahulu mendaftar menjadi member melalui situs kai.id atau aplikasi KAI Access. Pastikan nomor identitas didaftarkan sesuai dengan kartu identitas yang valid misalnya Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sebab nomor identitas yang valid akan mempermudah penggunaan fitur dan layanan di KAI Access, seperti mengubah jadwal tiket kereta, membatalkan tiket kereta, serta digunakan untuk mengikuti Program Loyalitas Railpoint.

Railpoint yang sudah dikumpulkan dapat ditukar dengan tiket KA Komersial ataupun produk dari merchant lain yang bekerja sama dengan KAI (syarat dan ketentuan yang berlaku). Khusus transaksi pembelian tiket KA Jarak Jauh Komersial yang dilakukan pada 28 September s.d 4 Oktober 2020 melalui aplikasi KAI Access, akan mendapatkan poin sebesar 2 kali lipat.

Maqin mengatakan program loyalitas ini merupakan upaya berkelanjutan KAI untuk memberikan nilai tambah bagi para pelanggan, khususnya pengguna aplikasi KAI Access yang sudah mencapai 4,5 juta pengguna. Adapun Grand Launching program Loyalitas Railpoint akan dilakukan bertepatan pada perayaan Hari Ulang Tahun ke-75 KAI yaitu 28 September 2020.

“Kami ingin menunjukkan apresiasi atas dukungan dan kesetiaan para pelanggan terhadap moda transportasi kereta api,” kata Maqin.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Program Loyalitas Railpoint, masyarakat dapat mengakses Syarat & Ketentuan di KAI Access atau menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, email cs@kai.id, dan media sosial KAI 121.

Kartu COMMUTERPAY untuk Kemudahan Pengguna KRL

Pada kesempatan yang sama, KAI berkolaborasi dengan Bank Mandiri untuk menyediakan kartu COMMUTERPAY yang bisa dibeli mulai 25 September 2020, dimana seribu pembeli pertama kartu COMMUTERPAY akan mendapat diskon 25%. COMMUTERPAY dapat dibeli masyarakat di Loket Stasiun Bogor, Cikarang, Cilebut, Cikini, Palmerah, Sudirman, Taman Kota, Universitas Indonesia dan Juanda.

Kartu COMMUTERPAY merupakan Kartu Co-Branding e-Money antara Bank Mandiri dan KAI untuk menghadirkan kartu yang dapat digunakan untuk transaksi antarmoda transportasi serta untuk kebutuhan berbelanja. Sinergi untuk menghadirkan Kartu COMMUTERPAY telah diresmikan pada 18 Agustus 2020 lalu.

“Kehadiran kartu COMMUTERPAY ini akan memberikan kemudahan para pengguna KRL sehingga tidak perlu mengantre untuk membeli Tiket Harian Berjaminan di Loket,” ujar Maqin.

Pembayaran dengan cashless seperti ini juga akan memperkecil risiko penularan Covid-19 pada transportasi KRL karena meminimalisasi adanya kontak langsung dengan petugas.

Untuk kemudahan pelanggan, akan ditempatkan Vending Machine di beberapa Stasiun KRL yang dapat digunakan untuk melakukan pembelian dan top up kartu emoney dan kartu COMMUTERPAY. Selain itu akan ditempatkan juga Mesin Cek & Update Saldo e-Money di beberapa stasiun.

Hal tersebut untuk semakin memberikan kemudahan bagi pengguna KRL yang ingin melakukan pengecekan, sekaligus memastikan ketersediaan saldo kartu e-Money atau COMMUTERPAY sebelum memasuki gate KRL. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir kartu akan gagal tapping karena saldo tidak tersedia.

Pembayaran menggunakan QRIS di KAI Access

Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Aquarius Rudianto mengatakan, dukungan Bank Mandiri terhadap KAI merupakan kolaborasi bersama dalam menguatkan layanan digital di sektor transportasi. Tujuannya agar masyarakat dapat semakin mudah dan nyaman dalam memanfaatkan jasa transportasi, terutama kereta api. 

“Kolaborasi KAI dan Bank Mandiri juga berupa penyediaan alternatif pembayaran baru untuk pembelian tiket KA di aplikasi KAI Access menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Pembayaran dengan metode QRIS di KAI Access bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kepraktisan, karena QRIS tersebut dapat digunakan di seluruh aplikasi dompet digital yang sudah menerapkan QRIS di aplikasinya,” ujar Aquarius.

Untuk menggunakan QRIS, pada tahap pembayaran pelanggan cukup memilih metode pembayaran QRIS kemudian klik download QRIS untuk menyimpan gambar QRIS-nya. Selanjutnya pada aplikasi dompet digital Anda, lakukan pembayaran dengan meng-upload gambar QRIS yang sudah di-download sebelumnya, transaksi pun selesai.

“Dengan adanya kemudahan pembayaran menggunakan QRIS ini, diharapkan dapat semakin meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum,” kata Aquarius.

Maqin menambahkan, masyarakat juga bisa menikmati Program Promo Cashback 30% bagi pengguna LinkAja yang melakukan pembelian tiket KA Lokal dengan metode pembayaran QRIS dan LinkAja di aplikasi KAI Access. Program promo tersebut berlaku mulai tanggal 25 s.d 30 September 2020 dengan kuota sebanyak 2.000 pembelian pertama per hari, dengan nilai cashback LinkAja maksimal Rp3.000.

“Kolaborasi KAI dan Bank Mandiri ini untuk meningkatkan fitur layanan pembayaran digital tiket kereta api. Semoga dengan hadirnya layanan terbaru ini akan semakin mempermudah pelanggan serta memberikan nilai tambah bagi kedua perusahaan,” tutup Maqin.

Tentang Kereta Api Indonesia

PT Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan operator Kereta Api di Indonesia dengan jumlah angkutan pada 2019 mencapai 429 Juta pelanggan dan 48 juta ton barang.

Untuk layanan Angkutan Penumpang, KAI memiliki layanan Kereta Jarak Jauh, Kereta Lokal, Kereta Wisata, KRL Commuterline, KA Bandara di Medan, Padang, Jakarta, Yogyakarta , Solo juga di Palembang melalui layanan LRT Sumatera Selatan. Untuk Angkutan Barang, KAI melayani komoditas seperti batu bara, semen, peti kemas, perkebunan, BBM, produk sayur mayur, buah-buahan, UMKM, E-commerce dan lainnya.

Pada masa Adaptasi Kebiasaan baru, KAI menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada perjalanan kereta api sesuai aturan pemerintah. Hal tersebut bertujuan untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan sehat sampai ditujuan.

Untuk informasi lebih lanjut terkait layanan KAI, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di (021)121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Tentang PT Bank Mandiri (Persero), Tbk.

Bank Mandiri merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan layanan finansial kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, Micro & Business, Consumer Banking serta Treasury. Bank Mandiri pada saat ini bersinergi dengan beberapa perusahaan anak untuk mendukung bisnis utamanya yaitu: Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Mandiri (perbankan syariah), Bank Mandiri Taspen/Mantap (Kredit UMKM), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Mandiri InHealth (asuransi kesehatan), Mandiri AXA General Insurance (asuransi umum), Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan), Mandiri Utama Finance (jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (remitansi), Mandiri Europe Limited (treasury & financial institution), dan Mandiri Capital Indonesia (Pembiayaan modal ventura).

Hingga Juni 2020, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 4.312 jaringan kantor, yang terdiri dari 2.564 kantor cabang dan 1.748 kantor mikro. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 18.291 unit ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, 245.657 unit Electronic Data Capture (EDC) serta jaringan e-banking yang meliputi Mandiri Online, SMS Banking dan Call Center 14000. (Public Relations KAI)

 

Booking Button