Siapkan SDM Profesional, KAI Jalin Kerjasama dengan BPSDMP
Posted: 23.09.2020 Categories: Berita

PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) menjalin kerja sama untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Perkeretaapian. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) oleh Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, dan Kepala BPSDMP, Sugihardjo, pada hari Rabu (23/9) di Gedung JRC Juanda, Jakarta. 

Dalam sambutannya Didiek mengapresiasi kepada para pihak terhadap proses penandatanganan kesepakatan bersama ini. "Pelaksanaan penandatanganan kesepakatan bersama ini merupakan salah satu bentuk sinergi dan kolaborasi dalam pengembangan sumber daya manusia bidang perkeretapian untuk terwujudnya transportasi perkeretapian yang selamat dan aman bagi seluruh masyarakat”, ungkapnya.

Terdapat beberapa hal yang telah disepakati, yaitu Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB), sumber rekrutment sesuai kebutuhan, pelaksanaan seminar, bimbingan teknis, loka karya dan sosialisasi, pemanfaatan fasilitas yang terkait dengan pengembangan SDM di bidang perkeretaapian, serta penelitian dan pengabdian masyarakat serta inovasi yang dapat bermanfaat bagi KAI dan BPSDMP.


Penandatanganan MoU pengembangan SDM antara Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo (kanan) dan Kepala BPSDMP, Sugihardjo (kiri)

Sugihardjo mengatakan kerja sama ini dilakukan sebagai salah satu bentuk link and match dalam penyelenggaraan diklat di BPSDMP, serta dalam rangka menyiapkan SDM untuk mampu bersaing dalam persaingan global serta mampu meningkatkan kualitas SDM sehingga dapat meningkatkan daya saing pada industrinya.

“MoU ini merupakan salah satu bentuk link and match antara pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh BPSDM Perhubungan dengan kebutuhan kompetensi yang dibutuhkan oleh industri perkeretaapian sehingga memperkecil gap antara demand dan supply dalam rangka penyediaan SDM transportasi yang berkompeten untuk terselenggaranya sarana transportasi yang andal”, jelas Sugihardjo.

Dikatakan, BPSDM Perhubungan sebagai lembaga pendidikan, perlu melakukan berbagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas lulusan, agar kebutuhan SDM transportasi yang kompeten dapat terpenuhi. Untuk itu, kerja sama ini merupakan hal penting agar terwujudnya sinergi dan kolaborasi antara penyelenggara pendidikan dan pelatihan dengan industri transportasi. (Public Relations KAI)

 

Booking Button