Bersama Membantu Korban Bencana
Posted: 08.01.2020 Categories: Berita

Curah hujan yang tinggi dengan intensitas yang lama menyebabkan beberapa wilayah di terendam banjir. Dampak dari banjir yang melanda pun begitu merugikan dan cukup melumpuhkan aktivitas masyarakat.

Oleh karenanya, dibutuhkan uluran tangan dari sesama warga Indonesia untuk meringankan beban korban bencana banjir.

Mengikuti langkah rekan-rekan yang telah melayangkan bantuan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) pun turut meringankan beban masyarakat yang terdampak Banjir di beberapa wilayah.


DEVP 2 Daop 1 Jakarta Takdir Santoso, menyerahkan secara simbolis dana bantuan bina lingkungan kepada Panitia Jasa Marga

Pada 2 Januari 2019, KAI memberikan bantuan dana untuk korban banjir di wilayah Jabodetabek sebesar Rp. 60.000.000,- . Bantuan tersebut berupa logistik dan operasional yang diserahkan melalui panitia Peduli Bencana dari sesama BUMN yaitu PT Jasa Marga.

Hari berikutnya bersamaan dengan diselenggarakannya kegiatan Rail Clinic, KAI bersama PT Kereta Commuterline Indonesia memberikan sumbangan senilai 119 juta kepada masyarakat yang mengungsi di sekitar jalur rel lintas antara Taman Kota-Kalideres.

Kali ini jajaran KAI menuju beberapa lokasi menggunakan Kereta Penolong Generasi terbaru dengan keberangkatan dari Stasiun BNI City. Perhentian pertama yaitu Stasiun Pesing, dilanjutkan Taman Kota, Petak Jalan Taman Kota - Bojong Indah, Stasiun Bojong Indah, Rawa Buaya dan perhentian terakhir Stasiun Grogol.

Di setiap perhentian, Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro beserta rombongan turun dan memberikan bantuan langsung, bahkan menyempatkan diri berbincang dengan masyarakat korban banjir. Adapun bantuan yang diberikan kepada warga yang terimbas banjir antara lain, makanan siap saji, air mineral, susu, biskuit, pampers dan selimut.


Dirut KAI, Edi Sukmoro turut menjumpai warga yang mengungsi dan menyerahkan bantuan logistik

"Kami hadir di sini sebagai bentuk kepedulian KAI terhadap masyarakat di sekitar jalur rel yang dilanda bencana banjir. Harapan kami, semoga semua ini dapat bermanfaat bagi korban bencana," kata Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro.

Wilayah Kabupaten Bandung Barat yang juga terdampak banjir juga turut menjadi perhatian KAI.

Berdasarkan keterangan warga setempat, banjir disebabkan oleh air yang meluap dari sungai Ciburandul dan juga adanya sumbatan saluran air di bawah underpass Padalarang oleh sampah yang menyumbat.

Bantuan senilai Rp 12.000.000,- berupa kasur dan makanan siap saji diberikan melalui unit CSR KAI kepada masyarakat yang terdampak banjir di Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat pada Selasa, (7/1).


Manager Community Relations CSR KAI Muhibbudin memberikan bantuan kasur untuk korban bencana banjir di Kabupaten Bandung Barat

Bantuan diserahkan oleh Manager Community Relation CSR KAI Muhibbuddin dan Kepala Stasiun Padalarang Erwin Kurniawan secara simbolis kepada masyarakat yang diwakilkan oleh Bapak Anwar selaku Ketua harian Kwarcab Pramuka Kabupaten Bandung Barat serta Bapak Cecep Rumansyah selaku tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Muhibbuddin berharap semoga bantuan ini bisa berguna bagi warga Desa Mekarsari. Ia juga meminta masyarakat untuk turut mendoakan agar perjalanan KA dapat selalu lancar utamanya pada musim hujan ini serta berharap semoga masyarakat terus mendoakan agar KAI menjadi perusahaan terus berkembang dan berinovasi sehingga dapat terus melayani masyarakat.

Pada musim hujan kali ini KAI mengajak masyarakat untuk terus menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sekecil apapun ke sungai agar dapat mengurangi resiko terjadinya banjir. (Public Relations KAI)

 

 

 

 

Booking Button