Peduli Korban Banjir, KAI Siapkan Pos Kesehatan dan Rail Clinic
Posted: 03.01.2020 Categories: Berita

Intensitas hujan yang cukup besar beberapa hari lalu, membuat beberapa titik lokasi di Jakarta tergenang air. Terdapat sejumlah masyarakat yang harus mengungsi. Salah satu area disekitar jalur rel yang menjadi area lokasi mengungsi masyarakat yakni lintas Stasiun Taman Kota - Kalideres. 


Posko Layanan Kesehatan yang disiagakan di Stasiun

Jalur tersebut juga belum dapat diaktifkan lantaran pada KM 9+5 s.d KM 10+1 antara Kalideres - Rawabuaya masih terdapat genangan air diatas permukaan Kop Rel.

Melihat kondisi yang memprihatikan ini maka pada Jumat 3 Januari 2020, Direktur Utama PT KAI (persero), Edi Sukmoro bersama tim dari PT KAI Daop 1 Jakarta akan menyambangi warga yang mengungsi dan membuka pos layanan kesehatan serta Rail Clinic di sekitar area Stasiun Taman Kota.

Wilayah Stasiun Pesing hingga Stasiun Kalideres merupakan salah satu area di Jakarta Barat yang terdampak banjir. Lintas tersebut juga merupakan lintas operasional Kereta Api (KA) yang melayani KRL dan KA Bandara.


Dirut KAI, Edi Sukmoro turut menjumpai warga yang mengungsi serta memberikan bantuan logistik

Dampak banjir menyebabkan KRL maupun KA Bandara tidak dapat beroperasi di lintas ini sejak Rabu 1 Januari 2020.

"Kami hadir disini sebagai bentuk kepedulian PT KAI terhadap masyarakat disekitar jalur rel yang dilanda bencana banjir. Harapan kami, semoga Rail Clinic dan Pos Layanan Kesehatan dapat bermanfaat untuk pemeriksaan kesehatan dan pemulihan yang maksimal bagi pengungsi disekitar jalur rel. Selain layanan kesehatan kami juga akan menyalurkan sejumlah bahan makanan siap saji " ungkap Edi Sukmoro, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Rail Clinic Peduli Bencana Banjir ini memberi layanan kesehatan berupa layanan dokter umum, dokter gigi, laboratorium sederhana, kebidanan dan layanan farmasi/obat. 

Total PT KAI Daop 1 Jakarta menyiagakan tenaga medis Rail Clinic tanggap bencana banjir sebanyak 10 personil, yang terdiri dari 3 dokter umum, 1 dokter gigi, 2 petugas laboratorium, 1 bidan dan 3 apoteker.


Pengungsi memeriksakan kesehatan di Rail Clinic

Demi terlaksana dengan baik dan dapat langsung menyentuh seluruh korban banjir di lintas Duri-Tangerang ini, PT KAI Daop 1 Jakarta telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Pengamanan setempat.

Rail Clinic merupakan kereta kesehatan milik PT KAI yang difungsikan untuk memberikan pelayanan kesehatan. Pembuatan Rail Clinic ini dilatarbelakangi oleh semangat PT KAI untuk memberi pelayanan lebih kepada masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan jalur KA sehingga dapat menembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan bermotor. (Public Relations KAI)

 

 

 

 

 

Booking Button