KAI Borong 13 Penghargaan TKMPN XXIII
Posted: 24.11.2019 Categories: Berita

PT Kereta Api Indonesia (Persero) meraih 8 Penghargaan Platinum dan 4 Penghargaan Gold serta penghargaan The Most Favorite Presentation pada ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) XXIII 2019 yang bertemakan “Dengan Semangat Inovasi Kita Tingkatkan Mutu dan Produktivitas dalam Mendukung Era Industri 4.0”. Event diselenggarakan pada tanggal 19 s.d 22 November 2019 di Kota Surakarta. 

TKMPN merupakan ajang demonstrasi karya mutu & inovasi tahunan yang diikuti oleh BUMN/BUMS se Indonesia dengan jumlah sebanyak 1.739 orang yang terbagi dalam 419 tim penyaji dari 172 perusahaan di Indonesia. Event yang telah berlangsung selama 23 tahun ini diselenggarakan oleh Wahana Kendali Mutu (WKM) bekerja sama dengan Asosiasi Manajemen Mutu & Produktivitas Indonesia (AMMPI). 


Salah satu tim KAI mempresentasikan karya mereka

“AMMPI sendiri adalah organisasi profesi nirlaba yang didukung oleh para praktisi mutu dari berbagai lembaga dan organisasi dalam upaya menyosialisasikan pentingnya aspek mutu dan produktivitas. AMMPI memiliki gagasan untuk memicu dan memacu munculnya karya-karya bermutu tinggi dalam semua organisasi, termasuk Lembaga Eksekutif, Legislatif, Yudikatif, BUMN, BUMS, Koperasi, LSM dan Lembaga Pendidikan sehingga pada akhirnya diharapkan mampu memberi pengaruh positif terhadap kemajuan bangsa,” ujar Suradi selaku Ketua Umum AMMPI.

Sementara itu, Vice President for Finance Asia Pacific Quality Organization (APQO), Damayanti mengatakan setiap tahunnya peserta yang berhasil memperoleh penghargaan di ajang TKMPN akan direkomendasikan untuk mengikuti Conference and Covention tingkat nasional. Perusahaan yang dipilih adalah perusahaan yang memiliki mutu dan produktifitas yang terbaik.

"Untuk tahun 2020 nanti, WKM dan AMMPI akan mengirimkan kepersertaan tingkat internasional ICQCC di Bangladesh, dan APQO Conference di Perth, Australia," ungkapnya.

Ketua Komite Pelaksana TKMPN XXIII, Soenarso mengatakan memberikan penghargaan kepada perusahaan yang telah melakukan perbaikan. Perusahaan tersebut memperebutkan empat katagori penghargaan yakni Diamond, Platinum, Gold, dan Silver.


Suasana malam penghargaan TKMPN 2019

Adapun tim dari KAI yang memperoleh Platinum adalah:

1. Tim Traksi Listrik Balaiyasa Lahat I beranggotakan Frandika Darma, Wahyu Setiadi, Fadly Arif Jasuma dengan judul inovasi “Deteksi Dini Kerusakan Electrical Module Pada Lokomotif CC 202 dengan Cara Membuat Alat Test Stand Electric Excitacion Control Module di Area Instrument Test Balai Yasa Lahat”

2. Tim Balaiyasa Sintel & LAA Cikudapateuh beranggotakan Arian Bayu Sugianto, Henry Haskarya, Catur Prambudi Mulyo dengan judul inovasi “Membuat Kontrol Wesel Terlayan Setempat Elektrik (WLSE) sebagai Pengganti Wesel Bandul Guna Meningkatkan Safety dan Mempermudah Pelayanan di Jalur Langsir Emplasemen PT KAI”

3. Tim Traksi Listrik Balaiyasa Lahat II beranggotakan Apriadi, Wahyu Dwi Saputro, Efan Cahya Anugra dengan judul inovasi “Mempercepat Pelepasan dan Pemasangan Baut Flywheel Main Gneerator Lokomotif CC 202 dan CC 205 dengan Cara Membuat Alat Bantu (Bawheel Tools) di Area Losd Main Generator Balai Yasa Lahat”

4. Tim Operasi Daop 5 Purwokerto beranggotakan Reza Regata dan Prajarto Budi Wibowo dengan judul Inovasi “Pendataan Gerbon dengan Sistem Aplikasi E-Material Berbasis Web sebagai Pilot Project pengganti Buku Material Di Stasiun Besar C Karangalun”

5. Tim Sintel Daop 5 Purwokerto beranggotakan Eko Haryono dan Akhmad Mansur dengan judul Inovasi "Simulasi Model Evaluator AZ S 350 U Sebagai Alat Bantu Pengecekan Modul - Modul Axle Counter"

6. Tim Dipo Lokomotif Jatinegara Daop 1 Jakarta beranggotakan Rahmat Ramadhan, Muhammad Deni dengan judul inovasi “Meningkatkan Efisiensi Waktu, SDM, dan Keselamatan pada Proses Perbaikan Cylinder Head Kompresor dengan Membuat Alat Pelepasan dan Pemasangan Cylinder Head Kompresor CC201/203/204 dan 206 (H.U.L.K Tools) di Dipo Lok Jatinegara”

7. Tim Dipo Lokomotif Daop 5 Purwokerto beranggotakan Kana, Ahmad Nadzir dengan judul inovasi “Mempermudah dan Mempercepat Akses Data Riwayat Lokomotif dengan Menggunakan Aplikasi Berbasis Android di Dipo Lokomotif Purwokerto”. 

8. Tim Sintel Divre IV Tanjung Karang beranggotakan Mukhlisin, Zuan Fedrik dngan judul inovasi “Meningkatkan Kehandalan Pesawat Blok pada Sistem Persinyalan Mekanik dengan Cara Merakit dan Mengganti Mounting Kontak di Wilayah Divre IV Tanjung Karang”. Tidak hanya Platinum, tim ini juga meraih Penghargaan The Most Favorite Presentation.


Foto bersama

Selain meraih penghargaan Platinum, KAI pun meraih penghargaan Gold diantaranya: 

1. Tim Traksi Listrik Balaiyasa Yogyakarta beranggotakan Herdi Tamitakarza, Johan Purnama, Agus Priyanto dengan judul inovasi “Meningkatkan Efisiensi Waktu Proses Revisi GPS, TCRP dan Power Kontaktor dengan Pembuatan Alat Simulasi Transisi Secara Terintegrasi di Golongan Traksi Listrik”

2. Tim Sintel Jatinegara Daop 1 Jakarta beranggotakan Hermawan, Hilman Hadiyansyah, Andry Irfan dengan judul inovasi “Penurunan Durasi Kelambatan Kereta Api Akibat Gangguan Radio Lokomotif di Lintas dengan Radio Lokomotif Portable”

3. Tim Dipo Lokomotif Medan beranggotakan Rudi Hartono, Agus Hartono, Hendrick Jhonson dengan judul inovasi “Mengurangi Gangguan Sistem Udara Tekan pada KRDI”

4. Tim Dokumen Balaiyasa Tegal beranggotakan Apika Pramiswari, Agus Widodo dengan judul inovasi “Mempercepat Pencarian Arsip dengan Sistem Pengelolaan Penataan Arsip Menggunakan Metode One Click di Unit Dokumen UPT Balai Yasa Tegal”. 

Ajang ini merupakan unjuk kebolehan dan keberhasilan dari perusahaan-perusahaan swasta nasional dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan harapan dapat mengelola mutu serta produktivitas perusahaan baik perorangan maupun kelompok dengan berbagai pendekatan sistem manajemen (Public Relations KAI)

 

Booking Button