Logo CSR KAI new

 

Komitmen Perusahaan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi Perusahaan, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya melalui Program Kemitraan, Program Bina Lingkungan, dan Community Relations.

 

DASAR HUKUM

Secara Umum :

  1. UU No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT) pasal 74.
  2. UU No. 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal pasal 15,17 & 34.

Peraturan Menteri BUMN :

  1. Peraturan Menteri BUMN Nomor: PER-09/MBU/07/2015 tanggal 3 Juli 2015 tentang Program Kemitraan & Bina Lingkungan BUMN.
  2. Peraturan Menteri BUMN Nomor: PER-03/MBU/12/2016 tanggal 16 Desember 2016, tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-09/MBU/07/2015 tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara.
  3. Peraturan Menteri BUMN Nomor: PER-02/MBU/7/2017 tanggal 05 Juli 2017, tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-09/MBU/07/2015 tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara.
  4. Peraturan Menteri BUMN Nomor : PER-02/MBU/4/2020 tanggal 2 April 2020 perihal Perubahan Ketiga atas Peraturan Menteri BUMN Nomor : PER-09/MBU/07/2015 tanggal 3 Juli 2015 tentang Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara;
  5. Peraturan Menteri BUMN Nomor : PER-05/MBU/04/2021 tanggal 8 April 2021 tentang Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha Milik Negara;

Peraturan PT Kereta Api Indonesia (Persero) :

  1. Surat Keputusan Direksi Nomor: Kep.U/KP.502/IV/1/KA-2015 tanggal 28 April 2015 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penerapan CSR di lingkungan PT KAI (Persero).
  2. Peraturan Direksi PT Kereta Api Indonesia (Persero) Nomor : PER.U/KP.502/X/1/KA-2019 tanggal 14 Oktober 2019 perihal Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.
  3. Peraturan Direksi PT Kereta Api Indonesia (Persero) Nomor : PER.U/KP.502/IX/1/KA-2020 tanggal 23 September 2020 perihal Perubahan atas Peraturan Direksi Nomor : PER.U/KP.502/X/1/KA-2019 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

 

VISI, MISI dan TUJUAN

Visi :

Menjadi perusahaan yang memberikan manfaat tinggi bagi masyarakat, lingkungan, dan pemangku kepentingan melalui peningkatan aktivitas Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) dan Community Relations (CR)

Misi :

  • Berperan aktif dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup dan kemandirian masyarakat serta kelestarian lingkungan
  • Membangun citra positif dan sinergi perusahaan dengan pemangku kepentingan guna terciptanya situasi kondusif bagi operasional perusahaan yang berkelanjutan

Tujuan :

Berkontribusi nyata dalam pembangunan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat serta lingkungan, sehingga masyarakat dapat menjadi mitra sejati dalam menciptakan situasi kondusif bagi kelangsungan usaha perusahaan

 

Arah Kebijakan/Lingkup Tugas

  1. Melaksanakan mandat yang diberikan oleh Pemerintah dalam rangka mengatasi masalah sosial kemasyarakatan dan lingkungan melalui penyaluran dana Bina Lingkungan dan Community Relations;
  2. Keberpihakan pada masyarakat ekonomi lemah untuk dijadikan masyarakat yang berdaya, tumbuh dan mandiri secara sosial dan ekonomi melalui penyaluran dana Program Kemitraan;
  3. Membina hubungan baik dengan komunitas internal dan eksternal untuk kelangsungan usaha Perusahaan;
  4. Melaksanakan kegiatan dalam rangka Corporate Image dan peningkatan manfaat bagi Stakeholder;
  5. Mendukung terciptanya keselamatan dan keamanan perjalanan Kereta Api.

 

Pilar Penerapan CSR :

  1. Upaya perusahaan untuk menggalang dukungan Sumber Daya Manusia, baik internal maupun eksternal (building human capital);
  2. Memberdayakan ekonomi komunitas (strengthening economies);
  3. Menjaga harmonisasi dengan masyarakat sekitar (assesing social cohession);
  4. Mengimplementasikan tata kelola yang baik (encouraging good corporate governance);
  5. Memperhatikan kelestarian lingkungan (protecting the environment).

 

KAI Raih Tiga Penghargaan Prestisius Di Ajang TOP CSR Awards 2021.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) berhasil meraih tiga penghargaan prestisius dalam aksi menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) serta Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di ajang TOP CSR Awards 2021.Tiga penghargaan tersebut adalah TOP CSR Awards 2021 #Star 4, TOP Leader on CSR Commitment 2021 yang diberikan kepada Didiek Hartantyo selaku Direktur Utama KAI, dan penghargaan untuk Kategori Khusus 2021 di Program Lingkungan dengan program unggulannya pengelolaan sampah organik menggunakan sistem Black Soldier Flyes (BSF).

Banyak program CSR yang telah dikembangkan pihak KAI. Baik itu dalam rangka penanganan pandemic Covid-19 atau pun program lain yang dibutuhan masyarakat. Namun satu yang sangat diandalkan adalah KAI Pling.

Vice President CSR PT KAI Agus Setijono, menyebut Program CSR KAI Pling ini memang selaras dengan program keberlanjutan dalam rangka penanganan perubahan iklim.

“Program Kereta Api Indonesia Peduli Lingkungan ini merupakan program atas kepedulian KAI terhadap lingkungan khususnya area operasi KAI. Pengelolaan sampah organik menggunakan System Black Soldier Flyes (BSF) untuk penurunan angka sampah di sekitar wilayah Kecamatan Sukamiskin, Kota Bandung,” ujar Agus di sela acara TOP CSR Awards 2021 Kamis (22/4).

Disebutkan program CSR lainnya, berupa program Rail Clinic yang merupakan bakti sosial pelayanan pengobatan gratis dengan mengadakan sosialisasi tentang pandemi Covid-19 dan upaya-upaya pencegahannya, serta pembagian masker, face shield, dan vitamin kepada penumpang di stasiun dan masyarakat di sekitar proses bisnis kereta api, dengan dilakukan di atas gerbong kereta.

“Ada juga program UMKM Naik Kelas dan Teras UMKM, program KAI Sahabat Difabel sebagai komitmen KAI dalam membantu para sahabat difabel untuk tetap kreatif dan produktif, juga ada KAI Dung Mas (Lindungi Masyarakat), dan sebagainya.”

TOP CSR Awards, diselenggarakan setiap tahun oleh Majalah Top Business, yang bekerja sama dengan sejumlah institusi (Komite Nasional Kebijakan Governance, Yayasan Pakem, Dwika Consulting, Lembaga Kajian Nawacita, Sinergi Daya Prima, Mitra Bhadra Consulting, Solusi Kinerja Bisnis, Indonesia Shared Value Institute, dan lain-lain). Penghargaan tersebut merupakan kesinambungan dari penghargaan serupa yang diberikan tahun-tahun sebelumnya.

 

PT KAI Menerima penghargaan TOP CSR Awards

 

PT KAI bersama BNN Sosialisasikan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN)

Demi mendukung pelaksanaan Rencana Aksi Nasional (RAN), PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Surakarta mengadakan kegiatan Sosialisasi Pencegahan serta Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) di Lingkungan Stasiun PT Kereta Api Indonesia (Persero). Kegiatan ini diselenggarakan selama 2 hari pada tanggal 30 dan 31 April 2021 bertempat di Stasiun Besar Wilayah Daop 6 Yogyakarta.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi, Vice President Corporate Social Responsibility (USS) Agus Setijono dan Tim TJSL (Tanggung Jawab Sosial Lingkungan) Kantor Pusat PT KAI, Manager Keuangan, Manager Humas, serta tim TJSL Daop 6 Yogyakarta sedangkan Tim BNN Provinsi DIY dipimpin oleh Hery Santoso, Penyuluh Narkoba Ahli Pertama bidang P2M.

Kegiatan Sosialisasi diisi dengan orasi oleh Tim BNN di Stasiun Yogyakarta serta dilakukan pembagian brosur dan masker kepada calon penumpang KA. Kegiatan yang sama berlanjut ke Stasiun Lempuyangan, Solobalapan dan Stasiun Purwosari.

Hadir pada kesempatan tersebut KSB Solobalapan, KSB Purwosari, Assman Environmental Development Kantor Pusat, Assman Humas Daop 6, Senior Spv Klinik Mediska Solobalapan, Spv Pamobvit & Aset, dan Staf Keuangan Daop 6 Yogyakarta, turut hadir Kepala BNN Kota Surakarta AKBP Drs. Triatmo Hamardiyono, M.Si., Kasubag Umum BNN Kota Surakarta Masriya Kumala, dengan Tim BNN Kota Surakarta.

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat terkait bahayanya penyalahgunaan Narkotika, serta upaya mencegah peredaran Narkotika ditengah masyarakat.

Sosialisasi BNN di atas KRL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sosialisasi diatas KA

 

Melayani Masyarakat dengan Rail Clinic dan Rail Library

Rail Clinic berupa bakti sosial pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang jauh dr jangkauan pelayanan kesehatan pemerintah dengan menggunakan kereta yg di dalamnya mempunyai fasilitas layaknya klinik yaitu ruang Monitoring, ruang Laboratorium, Pelayanan Farmasi, Pemeriksaan Umum, Pemeriksaan Gigi, Pemeriksaan Mata, Pemeriksaan Ibu Hamil, Ruang Edukasi, Pantry, dan Toilet Ramah Lingkungan.

Rail Library merupakan kereta perpustakaan karena terdapat fasilitas rak-rak buku bacaan dan ruang baca dengan kursi sofa dan karpet yang digelar di lantai. Selain itu yang lebih modern, RailLibrary juga dilengkapi 6 unit komputer untuk layanan e-library dengan ragam koleksi file bacaan maupun tayangan audio visual edukatif serta koneksi internet. Tak hanya itu, fasilitas RailLibrary juga terdapat satu ruang yang luas terdiri kursi dan meja untuk meeting dan kursi kereta berjajar ke arah TV untuk ruang audio visual yang bisa digunakan untuk menonton dan ruang edukasi. Selain itu dilengkapi juga dengan ruang untuk beribadah, pantry dan toilet

RC 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

rc

 

Pekan Olahraga Kereta Api (PORKA)

Pekan Olahraga Kereta Api (PORKA) merupakan salah satu program unit CSR (Internal Community Relations) yang bertujuan menumbuhkan dan memperkuat tali persaudaraan antar pegawai di lingkungan PT Kereta Api Indonesia (Persero) di bidang olahraga, selain itu juga sebagai momentum menggerakan budaya sehat kepada seluruh pegawai. PORKA merupakan agenda kegiatan yang dilaksanakan setiap 2 (dua) tahun sekali secara rutin.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Daop, Divre, Kantor Pusat serta Anak Perusahaan dengan mengirimkan perwakilan kontingen 7 (tujuh) cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu Sepak Bola, Futsal, Bulutangkis, Bola Voli, Tenis Meja, Tenis Lapangan dan Catur. Juara Umum PORKA akan mendapatkan piala bergilir.

p1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

porka 2

 

Marching Band Locomotive di Daulat Menjadi Marching Band terbaik di GPMB tahun 2020

Marching Band Locomotive (MBL) PT KAI kembali meraih penghargaan di ajang Grand Prix Marching Band (GPMB) 2020. MBL KAI telah mengikuti kejuaran Grand Prix Marching Band yang kali ini digelar secara virtual mengingat kondisi pandemi Covid-19, mulai tanggal 26 sd 27 Desember 2020.

Kejuaraan ini berskala nasional yang diikuti oleh Marching Band dari berbagai BUMN, pemerintah daerah, Universitas, Sekolah, dan instansi lainnya dengan jumlah 373 peserta. Untuk kategori kejuaraan yang diikuti MBL KAI yaitu Band Concert, Ensemble Color Guard, Ensemble Percussion, Ensemble Brass, Solo Flag, Solo Weapon, Solo Mix Equipment, Solo Battery, Solo Keyboard, Solo High Brass, dan Solo Low Brass.

Sebelumnya MBL KAI juga pernah menyandang predikat Juara Umum pada tahun 2016 dan 2017, pada tahun ini kembali mengharumkan nama perusahaan dan mendapat penilaian terbaik oleh Juri mancanegara dari Winter Guard Internasional (WGI).

Kali ini MBL berhasil memborong 7 piala, salah satunya adalah gelar juara terbaik atau juara umum GPMB.

Berikut daftar juara yang dimenangkan MBL KAI:
1. Juara Umum Divisi Open MB Locomotive
2. Juara 1 Band Concert Open Division
3. Juara 2 Open Division Percussion Ensemble
4. Juara 3 Open Division Color Guard Ensemble
5. Juara 3 Open Division Color Guard Solo Mix Equipment a.n Naila Ramadhani
6. Juara 3 Senior Division Color Guard Solo Flag a.n Raina Rahmadifa
7. Juara 3 Open Divison Brass Solo Low Brass a.n Dimas Maulana

Juara GPMB 2020

Penampilan MBL pada GPMB Virtual 2020

Piala GPMB 2020

 

A. Program Kemitraan (PK)

Adalah Program untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri dengan memberikan bantuan tambahan modal dengan Jumlah pinjaman untuk setiap MB maksimal Rp 250.000.000,- (dua ratus juta rupiah), dengan mempertimbangkan kemampuan bayar MB. Jangka waktu pinjaman maksimal 3 (tiga) tahun dan akan dikenakan jasa administrasi 6% pertahun.

7 (tujuh) sektor usaha yang dapat menjadi Mitra Binaan, antara lain :

  1. Industri
  2. Perdagangan
  3. Pertanian
  4. Perkebunan
  5. Peternakan
  6. Perikanan dan
  7. Jasa

Kriteria menjadi Mitra Binaan :

  1. Memiliki kekayaan bersih/Modal Usaha paling > Rp 1 M s.d 5 M tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha atau memiliki hasil penjualan tahunan maksimal Rp 15 M
  2. Warga negara Indonesia;
  3. Berdiri sendiri bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai atau berafiliasi baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha menengah atau besar;
  4. Berbentuk usaha orang perseorangan, badan usaha yang tidak berbadan hukum atau badan usaha yang berbadan hukum termasuk usaha mikro dan  koperasi;
  5. Mempunyai potensi dan prospek usaha untuk dikembangkan;
  6. Belum memenuhi persyaratan perbankan atau lembaga keuangan non-bank

Tata Cara dan Persyaratan Pengajuan Menjadi Mitra Binaan PT KAI (Persero) :

  1. Mengisi Formulir Pengajuan Melalui https://forms.gle/qTNCmfxst9iBJZsMA
  2. PROPOSAL paling sedikit memuat :
    • Profile usaha
    • Nama dan alamat usaha
    • Rencana Usaha dan Kebutuhan Dana
    • Jumlah Pekerja
    • Total aset/modal usaha yang dijalani
    • Laporan Omset (laba/rugi) usaha
  3. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  5. Surat Izin Usaha atau Keterangan Usaha
  6. Fotocopy rekening koran yang mengajukan pendanaan
  7. Pas photo (suami dan Istri jika sudah menikah)
  8. Calon Mitra Binaan tidak sedang menjadi Mitra Binaan dari BUMN lain
  9. Tidak ada ikatan perkawinan/semenda dengan Pekerja PT KAI
  10. Kesanggupan Memasang Identitas Mitra Binaan KAI
  11. Calon mitra mengajukan permohonan/proposal kepada Komite TJSL Daerah berdasarkan wilayah usahanya (informasi wilayah usaha ada dibawah)
  12. Komite TJSL Daerah melakukan seleksi administrasi, survei dan evaluasi atas permohonan/proposal dari para Calon MB mengenai prospek dan perkembangan usaha serta rencana penggunaan dana
  13. Hasil dari proses sesuai poin 2 selanjutnya dilakukan rapat komite dan menetapkan calon MB yang akan mendapatkan pinjaman
  14. Jika hasil rapat komite tidak memenuhi persyaratan, Calon Mitra Binaan gugur untuk menjadi Mitra Binaan
  15. Jika hasil rapat komite memenuhi persyaratan kemudian dilakukan penandatangan Perjanjian dan penyaluran dana usaha

 

B. Program Bina Lingkungan (BL)

Adalah program pemberdayaan kondisi sosial kemasyarakatan oleh BUMN dengan memberikan bantuan Hibah kepada masyarakat ke seluruh wilayah Republik Indonesia dengan diutamakan di wilayah sekitar BUMN (PT KAI).

7 (tujuh) jenis sektor bantuannya adalah :

  1. Bantuan korban bencana alam
  2. Bantuan pendidikan
  3. Bantuan peningkatan kesehatan
  4. Bantuan pengembangan prasarana dan/atau sarana umum
  5. Bantuan sarana ibadah
  6. Bantuan pelestarian alam
  7. Bantuan sosial kemasyarakatan

Tata Cara Pengajuan Bantuan Bina Lingkungan PT KAI (Persero) :

  1. Masyarakat mengajukan proposal kepada Tim Pelaksana CSR PT KAI;
  2. Tim Pelaksana CSR PT KAI melakukan survei atas objek yang akan diberikan bantuan;
  3. Dari hasil survei kemudian dilakukan evaluasi oleh Tim Pelaksana CSR Daerah apakah berhak mendapat bantuan atau tidak;
  4. Penyaluran Bantuan

 

C. Community Relations (CR)

Adalah upaya membina hubungan harmonis antara perusahaan dengan masyarakat untuk mengatasi masalah sosial dan lingkungan yang timbul akibat aktivitas perusahaan, dan meningkatkan keharmonisan hubungan di kalangan internal, dengan tujuan untuk meningkatkan citra perusahaan

 

DAFTAR WILAYAH TIM PEAKSANA CSR

No Wilayah Alamat E-mail Telepon
1 Daop 1 Jakarta Jalan Pegangsaan Timur No.6, (Stasiun Cikini) Jakarta Pusat csrdaop1jak@kai.id (022) 423003
2 Daop 2 Bandung Jalan Stasiun Selatan No. 25, Bandung 40181 csrdaop2bd@kai.id (022) 4230150
3 Daop 3 Cirebon Jalan Siliwangi No. 82, Cirebon csrdaop3cn@kai.id (0231) 203944
4 Daop 4 Semarang Jalan MH. Thamrin No. 3, Semarang 50132 csrdaop4sm@kai.id (024) 3250134
5 Daop 5 Purwokerto Jalan Jendral Sudirman No. 209, Purwokerto 53116 csrdaop5pwt@kai.id (0281) 636031
6 Daop 6 Yogyakarta Jalan Lempuyangan No. 1, Yogyakarta csrdaop6yk@kai.id (0274) 512701
7 Daop 7 Madiun Jalan Kompol Sunaryo No. 14, Madiun 63122 csrdaop7mn@kai.id (0274) 512056
8 Daop 8 Surabaya Jalan Gubeng Masjid, Surabaya 60131 csrdaop8sb@kai.id (031) 5036575
9 Daop 9 Jember Jalan Dahlia No. 2, Jember csrdaop9jr@kai.id (0331) 487067
10 Divre I Sumatera Utara Jalan Prof.H.M. Yamin, SH No. 14, Medan csrdivre1su@kai.id (061) 4533012
11 Divre II Sumatera Barat Jalan Stasiun No. 1,Padang 25127 csrdivre2sb@kai.id (0751) 27650
12 Divre III Palembang Jalan Jend. Achmad Yani I 3 Ulu No. 541, Palembang 30263 csrdivre3ss@kai.id (0711) 512427
13 Divre IV Tanjungkarang Jalan Teuku Umar No. 23, Bandar Lampung 35113 sekretaris.divre4@kai.id (0721) 263142

 

 

Booking Button