Logo CSR KAI new

 

Komitmen Perusahaan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi Perusahaan, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya melalui Program Kemitraan, Program Bina Lingkungan, dan Community Relations.

 

DASAR HUKUM

Secara Umum :

  1. UU No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT) pasal 74.
  2. UU No. 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal pasal 15,17 & 34.

Peraturan Menteri BUMN :

  1. Peraturan Menteri BUMN Nomor: PER-09/MBU/07/2015 tanggal 3 Juli 2015 tentang Program Kemitraan & Bina Lingkungan BUMN.
  2. Peraturan Menteri BUMN Nomor: PER-03/MBU/12/2016 tanggal 16 Desember 2016, tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-09/MBU/07/2015 tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara.
  3. Peraturan Menteri BUMN Nomor: PER-02/MBU/7/2017 tanggal 05 Juli 2017, tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-09/MBU/07/2015 tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara.

Peraturan PT Kereta Api Indonesia (Persero) :

Surat Keputusan Direksi Nomor: Kep.U/KP.502/IV/1/KA-2015 tanggal 28 April 2015 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penerapan CSR di lingkungan PT KAI (Persero).

 

VISI, MISI dan TUJUAN

Visi :

Menjadi perusahaan yang memberikan manfaat tinggi bagi masyarakat, lingkungan, dan pemangku kepentingan melalui peningkatan aktivitas Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) dan Community Relations (CR)

Misi :

  • Berperan aktif dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup dan kemandirian masyarakat serta kelestarian lingkungan
  • Membangun citra positif dan sinergi perusahaan dengan pemangku kepentingan guna terciptanya situasi kondusif bagi operasional perusahaan yang berkelanjutan

Tujuan :

Berkontribusi nyata dalam pembangunan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat serta lingkungan, sehingga masyarakat dapat menjadi mitra sejati dalam menciptakan situasi kondusif bagi kelangsungan usaha perusahaan

 

Arah Kebijakan/Lingkup Tugas

  1. Melaksanakan mandat yang diberikan oleh Pemerintah dalam rangka mengatasi masalah sosial kemasyarakatan dan lingkungan melalui penyaluran dana Bina Lingkungan dan Community Relations;
  2. Keberpihakan pada masyarakat ekonomi lemah untuk dijadikan masyarakat yang berdaya, tumbuh dan mandiri secara sosial dan ekonomi melalui penyaluran dana Program Kemitraan;
  3. Membina hubungan baik dengan komunitas internal dan eksternal untuk kelangsungan usaha Perusahaan;
  4. Melaksanakan kegiatan dalam rangka Corporate Image dan peningkatan manfaat bagi Stakeholder;
  5. Mendukung terciptanya keselamatan dan keamanan perjalanan Kereta Api.

 

Pilar Penerapan CSR :

  1. Upaya perusahaan untuk menggalang dukungan Sumber Daya Manusia, baik internal maupun eksternal (building human capital);
  2. Memberdayakan ekonomi komunitas (strengthening economies);
  3. Menjaga harmonisasi dengan masyarakat sekitar (assesing social cohession);
  4. Mengimplementasikan tata kelola yang baik (encouraging good corporate governance);
  5. Memperhatikan kelestarian lingkungan (protecting the environment).

 

 

Hari Pahlawan, Anak TNI dan Polri Raih Beasiswa KAI

PT. Kereta Api Indonesia (persero), memberikan beasiswa kepada putra putri TNI dan Polri, berupa tabungan pendidikan, kepada 40 putra dan putri TNI/Polri yang sedang menempuh jenjang pendidikan perguruan tinggi di Yogyakarta.

Di tengah pandemi Covid-19, yang dirasakan menjadi masa sulit bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Beasiswa Perguruan Tinggi bagi putra putri anggota TNI dan Polri dalam rangka hari Pahlawan yang dicanangkan oleh Kementrian BUMN.  Bantuan beasiswa atau tabungan pendidikan tersebut merupakan bentuk bagian dari kepedulian PT.KAI sebagai BUMN terhadap tanggung jawab bela negara yang dibebankan kepada anggota TNI dan Polri.

A. Program Kemitraan (PK)

Adalah Program untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri dengan memberikan bantuan tambahan modal dengan Jumlah pinjaman untuk setiap MB minimal Rp 5.000.000,- (lima juta rupiah) maksimal Rp 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah), dengan mempertimbangkan kemampuan bayar MB. Jangka waktu pinjaman minimal 1 (satu) tahun dan maksimal 3 (tiga) tahun dan akan dikenakan jasa administrasi 3% pertahun.

7 (tujuh) sektor usaha yang dapat menjadi Mitra Binaan, antara lain :

  1. Industri
  2. Perdagangan
  3. Pertanian
  4. Perkebunan
  5. Peternakan
  6. Perikanan dan
  7. Jasa

Persyaratan Menjadi Mitra Binaan PT KAI (Persero) :

  1. Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah), tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha atau memiliki hasil penjualan tahunan maksimal Rp 2.500.000.000,00 (dua milyar lima ratus juta rupiah);
  2. Warga negara Indonesia;
  3. Berdiri sendiri bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai atau berafiliasi baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha menengah atau besar;
  4. Berbentuk usaha orang perseorangan, badan usaha yang tidak berbadan hukum atau badan usaha yang berbadan hukum termasuk usaha mikro dan  koperasi;
  5. Mempunyai potensi dan prospek usaha untuk dikembangkan;
  6. Telah melakukan kegiatan usaha minimal 6 (enam) bulan;
  7. Belum memenuhi persyaratan perbankan atau lembaga keuangan non-bank

Tata Cara Pengajuan Menjadi Mitra Binaan PT KAI (Persero) :

  1. Calon Mitra Binaan tidak sedang menjadi Mitra Binaan dari BUMN lain
  2. Calon mitra mengajukan permohonan/proposal kepada Tim Pelaksana CSR PT KAI berdasarkan wilayah usahanya
  3. Tim Pelaksana CSR PT KAI melakukan seleksi administrasi, survei dan evaluasi atas permohonan/proposal dari para Calon MB mengenai prospek dan perkembangan usaha serta rencana penggunaan dana
  4. Hasil dari proses sesuai poin 2 selanjutnya dilakukan rapat komite dan menetapkan calon MB yang akan mendapatkan pinjaman
  5. Jika hasil rapat komite tidak memenuhi persyaratan, Calon Mitra Binaan gugur untuk menjadi Mitra Binaan
  6. Jika hasil rapat komite memenuhi persyaratan kemudian dilakukan penandatangan Perjanjian dan penyaluran dana usaha

 

B. Program Bina Lingkungan (BL)

Adalah program pemberdayaan kondisi sosial kemasyarakatan oleh BUMN dengan memberikan bantuan Hibah kepada masyarakat ke seluruh wilayah Republik Indonesia dengan diutamakan di wilayah sekitar BUMN (PT KAI).

7 (tujuh) jenis sektor bantuannya adalah :

  1. Bantuan korban bencana alam
  2. Bantuan pendidikan
  3. Bantuan peningkatan kesehatan
  4. Bantuan pengembangan prasarana dan/atau sarana umum
  5. Bantuan sarana ibadah
  6. Bantuan pelestarian alam
  7. Bantuan sosial kemasyarakatan

Tata Cara Pengajuan Bantuan Bina Lingkungan PT KAI (Persero) :

  1. Masyarakat mengajukan proposal kepada Tim Pelaksana CSR PT KAI;
  2. Tim Pelaksana CSR PT KAI melakukan survei atas objek yang akan diberikan bantuan;
  3. Dari hasil survei kemudian dilakukan evaluasi oleh Tim Pelaksana CSR Daerah apakah berhak mendapat bantuan atau tidak;
  4. Penyaluran Bantuan

 

C. Community Relations (CR)

Adalah upaya membina hubungan harmonis antara perusahaan dengan masyarakat untuk mengatasi masalah sosial dan lingkungan yang timbul akibat aktivitas perusahaan, dan meningkatkan keharmonisan hubungan di kalangan internal, dengan tujuan untuk meningkatkan citra perusahaan

 

DAFTAR WILAYAH TIM PEAKSANA CSR

No Wilayah Alamat E-mail Telepon
1 Daop 1 Jakarta Jalan Pegangsaan Timur No.6, (Stasiun Cikini) Jakarta Pusat csrdaop1jak@kai.id (022) 423003
2 Daop 2 Bandung Jalan Stasiun Selatan No. 25, Bandung 40181 csrdaop2bd@kai.id (022) 4230150
3 Daop 3 Cirebon Jalan Siliwangi No. 82, Cirebon csrdaop3cn@kai.id (0231) 203944
4 Daop 4 Semarang Jalan MH. Thamrin No. 3, Semarang 50132 csrdaop4sm@kai.id (024) 3250134
5 Daop 5 Purwokerto Jalan Jendral Sudirman No. 209, Purwokerto 53116 csrdaop5pwt@kai.id (0281) 636031
6 Daop 6 Yogyakarta Jalan Lempuyangan No. 1, Yogyakarta csrdaop6yk@kai.id (0274) 512701
7 Daop 7 Madiun Jalan Kompol Sunaryo No. 14, Madiun 63122 csrdaop7mn@kai.id (0274) 512056
8 Daop 8 Surabaya Jalan Gubeng Masjid, Surabaya 60131 csrdaop8sb@kai.id (031) 5036575
9 Daop 9 Jember Jalan Dahlia No. 2, Jember csrdaop9jr@kai.id (0331) 487067
10 Divre I Sumatera Utara Jalan Prof.H.M. Yamin, SH No. 14, Medan csrdivre1su@kai.id (061) 4533012
11 Divre II Sumatera Barat Jalan Stasiun No. 1,Padang 25127 csrdivre2sb@kai.id (0751) 27650
12 Divre III Palembang Jalan Jend. Achmad Yani I 3 Ulu No. 541, Palembang 30263 csrdivre3ss@kai.id (0711) 512427
13 Divre IV Tanjungkarang Jalan Teuku Umar No. 23, Bandar Lampung 35113 sekretaris.divre4@kai.id (0721) 263142

 

Booking Button