Logo CSR KAI new

 

Komitmen Perusahaan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi Perusahaan, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya melalui Program Kemitraan, Program Bina Lingkungan, dan Community Relations.

 

DASAR HUKUM

Secara Umum :

  1. UU No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT) pasal 74.
  2. UU No. 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal pasal 15,17 & 34.

Peraturan Menteri BUMN :

  1. Peraturan Menteri BUMN Nomor: PER-09/MBU/07/2015 tanggal 3 Juli 2015 tentang Program Kemitraan & Bina Lingkungan BUMN.
  2. Peraturan Menteri BUMN Nomor: PER-03/MBU/12/2016 tanggal 16 Desember 2016, tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-09/MBU/07/2015 tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara.
  3. Peraturan Menteri BUMN Nomor: PER-02/MBU/7/2017 tanggal 05 Juli 2017, tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-09/MBU/07/2015 tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara.

Peraturan PT Kereta Api Indonesia (Persero) :

Surat Keputusan Direksi Nomor: Kep.U/KP.502/IV/1/KA-2015 tanggal 28 April 2015 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penerapan CSR di lingkungan PT KAI (Persero).

 

VISI, MISI dan TUJUAN

Visi :

Menjadi perusahaan yang memberikan manfaat tinggi bagi masyarakat, lingkungan, dan pemangku kepentingan melalui peningkatan aktivitas Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) dan Community Relations (CR)

Misi :

  • Berperan aktif dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup dan kemandirian masyarakat serta kelestarian lingkungan
  • Membangun citra positif dan sinergi perusahaan dengan pemangku kepentingan guna terciptanya situasi kondusif bagi operasional perusahaan yang berkelanjutan

Tujuan :

Berkontribusi nyata dalam pembangunan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat serta lingkungan, sehingga masyarakat dapat menjadi mitra sejati dalam menciptakan situasi kondusif bagi kelangsungan usaha perusahaan

 

Arah Kebijakan/Lingkup Tugas

  1. Melaksanakan mandat yang diberikan oleh Pemerintah dalam rangka mengatasi masalah sosial kemasyarakatan dan lingkungan melalui penyaluran dana Bina Lingkungan dan Community Relations;
  2. Keberpihakan pada masyarakat ekonomi lemah untuk dijadikan masyarakat yang berdaya, tumbuh dan mandiri secara sosial dan ekonomi melalui penyaluran dana Program Kemitraan;
  3. Membina hubungan baik dengan komunitas internal dan eksternal untuk kelangsungan usaha Perusahaan;
  4. Melaksanakan kegiatan dalam rangka Corporate Image dan peningkatan manfaat bagi Stakeholder;
  5. Mendukung terciptanya keselamatan dan keamanan perjalanan Kereta Api.

 

Pilar Penerapan CSR :

  1. Upaya perusahaan untuk menggalang dukungan Sumber Daya Manusia, baik internal maupun eksternal (building human capital);
  2. Memberdayakan ekonomi komunitas (strengthening economies);
  3. Menjaga harmonisasi dengan masyarakat sekitar (assesing social cohession);
  4. Mengimplementasikan tata kelola yang baik (encouraging good corporate governance);
  5. Memperhatikan kelestarian lingkungan (protecting the environment).

 

Temanggung Jadi Sasaran KAI Tanam 18.000 Bibit Pohon

Melalui Program Bina Lingkungan Corporate Socal Responsibility (CSR), PT Kereta Api Indonesia (Persero) turut berupaya mendukung pelestarian Hutan untuk menjaga dan memulihkan kondisi Hutan seperti pada umumnya. Oleh karena itu pada Kamis (28/1), diserahkan bantuan pelestarian alam penghijauan yang bertajuk “Sabuk Gunung Temanggung”. Pemberian bantuan berupa 18.000 Bibit Pohon, dengan rincian 8 ribu bibit tanaman bambu, 5 ribu bibit tanaman beringin dan 5 ribu bibit tanaman aren senilai Rp 200.000.000.

Bantuan Corporate Socal Responsibility (CSR) Program Bina Lingkungan KAI Peduli Pelestarian Alam ini disampaikan di Kantor Bupati Temanggung dan diterima oleh Bupati Temanggung HM. Al Khadziq. Penyerahan bantuan dilaksanakan oleh Executive Vice President PT KAI Daop 6 Yogyakarta Asdo Artriviyanto secara simbolis. EVP Daop 6 YK dalam sambutannya menyampaikan bahwa akan mendukung penuh penghijauan, tidak hanya di Kabupaten Temanggung, tetapi seluruh Indonesia. “PT KAI berkomitmen untuk turut dalam program yang berkelanjutan sesuai SDGs mengenai Penanganan Perubahan Iklim,” ujarnya.

Kegiatan seremonial tersebut diikuti oleh VP CSR KAI Agus Setijono, Bupati Temanggung HM. Al Khadziq, KAJARI Temanggung Sunanto dan didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (KDLH) Kabupaten Temanggung Entargo Yutri Wardono selaku penanggung jawab penghijauan “Sabuk Gunung Temanggung”.

Diharapkan dengan adanya bantuan program rehabilitasi lingkungan ini dapat mengembalikan kualitas lingkungan kawasan lereng gunung agar lebih hijau, sehingga meningkatkan derajat kesehatan dan ekonomi masyarakat di sekitar Lereng Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Lereng Gunung Prau.

Bupati Temanggung mengatakan bahwa pihaknya berterimakasih atas dukungan PT KAI dalam program tersebut. “Hari ini PT KAI menyerahkan bantuan bibit pohon senilai Rp200 juta. Ada tiga jenis bibit pohon yakni Bambu, Beringin, dan pohon Aren. Ini adalah wujud komitmen dari PT KAI untuk melestarikan lingkungan hidup khususnya di lereng-lereng Gunung Sumbing, Sindoro, dan Prau,"ujar Bupati Temanggung.

Penyerahan Dana Bantuan dari KAI dan diterima oleh Bupati Temanggung

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto Bersama saat penyerahan Bantuan 18,000 bibit Pohon

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KAI Peduli Bencana Alam

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang memberikan bantuan senilai Rp 50 juta berupa sembako, obat-obatan, vitamin, serta masker kepada korban banjir di Kota/Kabupaten Pekalongan, Senin (22/2/2021).

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh VP CSR KAI Agus Setijono didampingi Tim TJSL Daop 4 Semarang menyerahkan bantuan Bina Lingkungan korban bencana alam banjir di Kota dan Kabupaten Pekalongan. “Bantuan ini merupakan wujud kepedulian dan kontribusi nyata KAI kepada masyarakat, khususnya di sekitar wilayah bisnis perusahaan,” ujar VP CSR KAI Agus Setijono.

Bantuan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) tersebut dibagikan untuk masyarakat kota/kab Pekalongan yang tersebar di daerah Bandengan, Babatan, Pabean, Panjang Wetan dan Slumprit. Terdapat 8 dapur umum di Kota dan 3 dapur umum di Kabupaten Pekalongan serta sebanyak 2.260 orang pengungsi yang tersebar di beberapa tempat pengungsian.

Dengan diserahkannya bantuan ini, selama Februari 2021 KAI Daop 4 Semarang telah menyalurkan bantuan Bina Lingkungan untuk korban banjir sebesar Rp 100.000.000,- (seratus juta rupiah), harapannya semoga bantuan yang diberikan dapat meringankan beban penderitaan para korban banjir.

Pemberian bantuan kepada korban Banjir di semarang oleh VP CSR Agus Setijono di Posko Darurat Banjir Semarang

Foto Bersama

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Melayani Masyarakat dengan Rail Clinic dan Rail Library

Rail Clinic berupa bakti sosial pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang jauh dr jangkauan pelayanan kesehatan pemerintah dengan menggunakan kereta yg di dalamnya mempunyai fasilitas layaknya klinik yaitu ruang Monitoring, ruang Laboratorium, Pelayanan Farmasi, Pemeriksaan Umum, Pemeriksaan Gigi, Pemeriksaan Mata, Pemeriksaan Ibu Hamil, Ruang Edukasi, Pantry, dan Toilet Ramah Lingkungan.

Rail Library merupakan kereta perpustakaan karena terdapat fasilitas rak-rak buku bacaan dan ruang baca dengan kursi sofa dan karpet yang digelar di lantai. Selain itu yang lebih modern, RailLibrary juga dilengkapi 6 unit komputer untuk layanan e-library dengan ragam koleksi file bacaan maupun tayangan audio visual edukatif serta koneksi internet. Tak hanya itu, fasilitas RailLibrary juga terdapat satu ruang yang luas terdiri kursi dan meja untuk meeting dan kursi kereta berjajar ke arah TV untuk ruang audio visual yang bisa digunakan untuk menonton dan ruang edukasi. Selain itu dilengkapi juga dengan ruang untuk beribadah, pantry dan toilet

RC 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

rc

 

Pekan Olahraga Kereta Api (PORKA)

Pekan Olahraga Kereta Api (PORKA) merupakan salah satu program unit CSR (Internal Community Relations) yang bertujuan menumbuhkan dan memperkuat tali persaudaraan antar pegawai di lingkungan PT Kereta Api Indonesia (Persero) di bidang olahraga, selain itu juga sebagai momentum menggerakan budaya sehat kepada seluruh pegawai. PORKA merupakan agenda kegiatan yang dilaksanakan setiap 2 (dua) tahun sekali secara rutin.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Daop, Divre, Kantor Pusat serta Anak Perusahaan dengan mengirimkan perwakilan kontingen 7 (tujuh) cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu Sepak Bola, Futsal, Bulutangkis, Bola Voli, Tenis Meja, Tenis Lapangan dan Catur. Juara Umum PORKA akan mendapatkan piala bergilir.

p1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

porka 2

 

Marching Band Locomotive di Daulat Menjadi Marching Band terbaik di GPMB tahun 2020

Marching Band Locomotive (MBL) PT KAI kembali meraih penghargaan di ajang Grand Prix Marching Band (GPMB) 2020. MBL KAI telah mengikuti kejuaran Grand Prix Marching Band yang kali ini digelar secara virtual mengingat kondisi pandemi Covid-19, mulai tanggal 26 sd 27 Desember 2020.

Kejuaraan ini berskala nasional yang diikuti oleh Marching Band dari berbagai BUMN, pemerintah daerah, Universitas, Sekolah, dan instansi lainnya dengan jumlah 373 peserta. Untuk kategori kejuaraan yang diikuti MBL KAI yaitu Band Concert, Ensemble Color Guard, Ensemble Percussion, Ensemble Brass, Solo Flag, Solo Weapon, Solo Mix Equipment, Solo Battery, Solo Keyboard, Solo High Brass, dan Solo Low Brass.

Sebelumnya MBL KAI juga pernah menyandang predikat Juara Umum pada tahun 2016 dan 2017, pada tahun ini kembali mengharumkan nama perusahaan dan mendapat penilaian terbaik oleh Juri mancanegara dari Winter Guard Internasional (WGI).

Kali ini MBL berhasil memborong 7 piala, salah satunya adalah gelar juara terbaik atau juara umum GPMB.

Berikut daftar juara yang dimenangkan MBL KAI:
1. Juara Umum Divisi Open MB Locomotive
2. Juara 1 Band Concert Open Division
3. Juara 2 Open Division Percussion Ensemble
4. Juara 3 Open Division Color Guard Ensemble
5. Juara 3 Open Division Color Guard Solo Mix Equipment a.n Naila Ramadhani
6. Juara 3 Senior Division Color Guard Solo Flag a.n Raina Rahmadifa
7. Juara 3 Open Divison Brass Solo Low Brass a.n Dimas Maulana

Juara GPMB 2020

Penampilan MBL pada GPMB Virtual 2020

 

A. Program Kemitraan (PK)

Adalah Program untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri dengan memberikan bantuan tambahan modal dengan Jumlah pinjaman untuk setiap MB minimal Rp 5.000.000,- (lima juta rupiah) maksimal Rp 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah), dengan mempertimbangkan kemampuan bayar MB. Jangka waktu pinjaman minimal 1 (satu) tahun dan maksimal 3 (tiga) tahun dan akan dikenakan jasa administrasi 3% pertahun.

7 (tujuh) sektor usaha yang dapat menjadi Mitra Binaan, antara lain :

  1. Industri
  2. Perdagangan
  3. Pertanian
  4. Perkebunan
  5. Peternakan
  6. Perikanan dan
  7. Jasa

Persyaratan Menjadi Mitra Binaan PT KAI (Persero) :

  1. Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah), tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha atau memiliki hasil penjualan tahunan maksimal Rp 2.500.000.000,00 (dua milyar lima ratus juta rupiah);
  2. Warga negara Indonesia;
  3. Berdiri sendiri bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai atau berafiliasi baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha menengah atau besar;
  4. Berbentuk usaha orang perseorangan, badan usaha yang tidak berbadan hukum atau badan usaha yang berbadan hukum termasuk usaha mikro dan  koperasi;
  5. Mempunyai potensi dan prospek usaha untuk dikembangkan;
  6. Telah melakukan kegiatan usaha minimal 6 (enam) bulan;
  7. Belum memenuhi persyaratan perbankan atau lembaga keuangan non-bank

Tata Cara Pengajuan Menjadi Mitra Binaan PT KAI (Persero) :

  1. Calon Mitra Binaan tidak sedang menjadi Mitra Binaan dari BUMN lain
  2. Calon mitra mengajukan permohonan/proposal kepada Tim Pelaksana CSR PT KAI berdasarkan wilayah usahanya
  3. Tim Pelaksana CSR PT KAI melakukan seleksi administrasi, survei dan evaluasi atas permohonan/proposal dari para Calon MB mengenai prospek dan perkembangan usaha serta rencana penggunaan dana
  4. Hasil dari proses sesuai poin 2 selanjutnya dilakukan rapat komite dan menetapkan calon MB yang akan mendapatkan pinjaman
  5. Jika hasil rapat komite tidak memenuhi persyaratan, Calon Mitra Binaan gugur untuk menjadi Mitra Binaan
  6. Jika hasil rapat komite memenuhi persyaratan kemudian dilakukan penandatangan Perjanjian dan penyaluran dana usaha

 

B. Program Bina Lingkungan (BL)

Adalah program pemberdayaan kondisi sosial kemasyarakatan oleh BUMN dengan memberikan bantuan Hibah kepada masyarakat ke seluruh wilayah Republik Indonesia dengan diutamakan di wilayah sekitar BUMN (PT KAI).

7 (tujuh) jenis sektor bantuannya adalah :

  1. Bantuan korban bencana alam
  2. Bantuan pendidikan
  3. Bantuan peningkatan kesehatan
  4. Bantuan pengembangan prasarana dan/atau sarana umum
  5. Bantuan sarana ibadah
  6. Bantuan pelestarian alam
  7. Bantuan sosial kemasyarakatan

Tata Cara Pengajuan Bantuan Bina Lingkungan PT KAI (Persero) :

  1. Masyarakat mengajukan proposal kepada Tim Pelaksana CSR PT KAI;
  2. Tim Pelaksana CSR PT KAI melakukan survei atas objek yang akan diberikan bantuan;
  3. Dari hasil survei kemudian dilakukan evaluasi oleh Tim Pelaksana CSR Daerah apakah berhak mendapat bantuan atau tidak;
  4. Penyaluran Bantuan

 

C. Community Relations (CR)

Adalah upaya membina hubungan harmonis antara perusahaan dengan masyarakat untuk mengatasi masalah sosial dan lingkungan yang timbul akibat aktivitas perusahaan, dan meningkatkan keharmonisan hubungan di kalangan internal, dengan tujuan untuk meningkatkan citra perusahaan

 

DAFTAR WILAYAH TIM PEAKSANA CSR

No Wilayah Alamat E-mail Telepon
1 Daop 1 Jakarta Jalan Pegangsaan Timur No.6, (Stasiun Cikini) Jakarta Pusat csrdaop1jak@kai.id (022) 423003
2 Daop 2 Bandung Jalan Stasiun Selatan No. 25, Bandung 40181 csrdaop2bd@kai.id (022) 4230150
3 Daop 3 Cirebon Jalan Siliwangi No. 82, Cirebon csrdaop3cn@kai.id (0231) 203944
4 Daop 4 Semarang Jalan MH. Thamrin No. 3, Semarang 50132 csrdaop4sm@kai.id (024) 3250134
5 Daop 5 Purwokerto Jalan Jendral Sudirman No. 209, Purwokerto 53116 csrdaop5pwt@kai.id (0281) 636031
6 Daop 6 Yogyakarta Jalan Lempuyangan No. 1, Yogyakarta csrdaop6yk@kai.id (0274) 512701
7 Daop 7 Madiun Jalan Kompol Sunaryo No. 14, Madiun 63122 csrdaop7mn@kai.id (0274) 512056
8 Daop 8 Surabaya Jalan Gubeng Masjid, Surabaya 60131 csrdaop8sb@kai.id (031) 5036575
9 Daop 9 Jember Jalan Dahlia No. 2, Jember csrdaop9jr@kai.id (0331) 487067
10 Divre I Sumatera Utara Jalan Prof.H.M. Yamin, SH No. 14, Medan csrdivre1su@kai.id (061) 4533012
11 Divre II Sumatera Barat Jalan Stasiun No. 1,Padang 25127 csrdivre2sb@kai.id (0751) 27650
12 Divre III Palembang Jalan Jend. Achmad Yani I 3 Ulu No. 541, Palembang 30263 csrdivre3ss@kai.id (0711) 512427
13 Divre IV Tanjungkarang Jalan Teuku Umar No. 23, Bandar Lampung 35113 sekretaris.divre4@kai.id (0721) 263142

 

 

Booking Button